please check this link

WILUJENG TEUPANG DEUI .. !! Please Leave Your Comment .. !!

Selasa, 05 Juni 2012

PETA SKRIPSI MAHASISWA S-1 JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN KONSENTRASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Penulis: Putri Marstiana & Pita
 
Pendahuluan
 
       Sebagai syarat kelulusan untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa tingkat S-1 harus membuat skripsi dengan bimbingan dosen. Skripsi merupakan bentuk pengalaman belajar yang meliputi penggalian kembali apa yang telah dipelajari, mencari dan mengumpulkan pengetahuan baru secara mandiri, melakukan analisis dan sintesis sendiri dan dengan bimbingan, serta mengungkapkannya dengan bantuan pembimbing sehingga menghasilkan tulisan tentang suatu pengetahuan baru.
         Tujuan skripsi adalah agar mahasiswa mampu menulis dan menyusun suatu karya ilmiah sesuai dengan bidang ilmu yang diambilnya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan ketrampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.
        Di Universitas Negeri Jakarta, Jurusan Teknologi Pendidikan memiliki tiga konsentrasi yang berfokus pada bidang ilmu tertentu, yaitu pengelolaan pembelajaran, media, dan teknologi kinerja. Untuk itu kami mengkaji skripsi-skripsi mahasiswa S-1 Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Kami meneliti skripsi-skripsi yang berkonsentrasi pada pengelolaan pembelajaran. Penelitian yang kami lakukan berdasarkan kajian pustaka yang ada di Perpustakaan Jurusan Teknologi Pendidikan.
      Tinjauan pustaka atau literatur view adalah bahan yang tertulis berupa buku, jurnal yang membahas tentang topik yang hendak diteliti. Tinjauan pustaka membantu peneliti untuk melihat ide-ide, pendapat, dan kritik tentang topik tersebut yang sebelumnya dibangun dan dianalisis oleh para ilmuwan sebelumnya. Pentingnya tinjauan pustaka untuk melihat dan menganalisis nilai tambah ini dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya.
      Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini meliputi: (1) Pemilihan permasalahan dan judul penelitian; (2) Mengklasifikasikan skripsi ke dalam judul penelitian, tahun, nama peneliti, masalah penelitian, metode dan jenis penelitian, dan alasan metode dan jenis penelitian.

Hasil Penelitian 
       Berdasarkan penelitian kajian pustaka yang kami lakukan terhadap skripsi-skripsi mahasiswa Teknologi Pendidikan konsentrasi pengelolaan pembelajaran selama lima tahun terakhir (2007-2011) dari 12 skripsi, hasil penelitian yang kami peroleh berdasarkan metode dan jenis penelitiannya sebagai berikut:

Metode Penelitian


Jenis Penelitian





Pembahasan 

Berdasarkan data yang telah kami peroleh dan kami olah, maka hasil analisis datanya adalah sebagai berikut:  
       Pertama, dari 12 skripsi mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNJ konsentrasi Pengelolaan Pembelajaran, 9 skripsi menggunakan metode penelitian deskriptif (75%). Dan 3 skripsi menggunakan metode penelitian tindakan kelas (25%). Skripsi yang ditulis selama tahun 2007-2011 pada umumnya lebih banyak menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini dipilih berdasarkan masalah yang diteliti dan bidang pendidikan yang menaunginya, yang umumnya penelitian dilakukan dengan pendekatan pasca positivistik (kualitatif).
     Kedua, dari 12 skripsi mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNJ konsentrasi Pengelolaan Pembelajaran, 3 skripsi termasuk ke dalam jenis penelitian studi pustaka (25%), 4 skripsi termasuk ke dalam jenis penelitian survei (33,3%), 2 skripsi termasuk ke dalam jenis penelitian kajian pustaka (16,7%), 3 skripsi termasuk ke dalam jenis penelitian tindakan kelas (25%). Berdasarkan jenis penelitiannya, survei merupakan teknik penelitian yang paling banyak digunakan oleh peneliti di dalam mendampingi penelitian deskriptif kualitatifnya.

Kesimpulan 

      Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNJ konsentrasi Pengelolaan Pembelajaran dalam jangka waktu 5 tahun (tahun 2007-2011) secara umum menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik survei. Tentunya penelitian-penelitian ini menjadi gambaran bagi mahasiswa-mahasiswa yang belum dan sedang menyusun skripsi, untuk dijadikan sebagai tolak ukur terhadap penelitian-penelitian yang ada di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan agar dapat dijadikan sebagai referensi dalam melakukan penelitian, sehingga terhindar dari plagiarisme. Selain itu peneliti selanjutnya akan mengetahui dengan pasti apakah permasalahan yang dipilih untuk memecahkan melalui penelitian betul-betul belum pernah diteliti oleh orang-orang terdahulu. Serta dapat mengetahui masalah-masalah lain yang mungkin ternyata lebih menarik dibandingkan dengan masalah yang telah dipilih terdahulu.

Referensi
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar